DJOVANKA NAZARENO * NEKAF MESE ANSAOF MESE * DJOVANKA NAZARENO * ATOIN METO AWAY FROM VIOLENCE

TERINSPIRASI PEMBERITAAN MENGENAI ASNAT BELL

TERINSPIRASI PEMBERITAAN MENGENAI ASNAT BELL (Seorang Guru Yang Hanya Dihargai Dengan Rp.277 Per Jam) (Oleh: Atouein Meto) Sebenarnya saya berada dalam posisi dilematis ketika meramu tulisan ini, karena ketika saya memposting tulisan ini, saya sekaligus mengaktuskan apa yang tidak saya kehendaki dalam tulisan ini. Haryatmoko dalam tulisannya: Petaka Hipermodernisme (Majalah Basis: Edisi Mei-Juni 2009) mengutip peryataan Jean Baudrillard dalam Bukunya: La Societe de Consommation bahwa Gambar merupakan kenikmatan yang diantisipasi. Jean Baudrillard kemudian menjelaskan bahwa sangat masuk akal ketika kejadian atau peristiwa dihadirkan melalui gambar atau berita, harus dipresentasikan secara sensasional. Ketika informasi diaktualisasikan berarti didramatisasi dengan cara yang spektakuler. Dengan cara ini kejadian sesungguhnya justru sekaligus dibuat tidak aktual karena model komunikasi berlebihan seperti itu dan karena komunikasi dipermiskin hanya menjadi tanda semata. Padahal yang mau ditekankan adalah realitas, kebenaran dan objektifitas. Untuk menjawab tuntutan itu, dimana-mana dikatakan reportase langsung, kesaksian langsung, adegan kejadian yang sesungguhnya, berita pokok. Semua digambarkan secara langsung atau dalam keadaan hidup. Semua itu bagai suatu keajaiban karena kebenaran kejadian ternyata dapat dilihat, ditelevisikan atau direkam. Namun justru berarti bahwa “saya tidak ada ditempat kejadian itu”. Maka sangat perlu menjadi sentimental dengan “ada ditempat kejadian tanpa harus ada disana”. Dengan demikian hasrat untuk berada dalam peristiwa cukup diwujudkan dalam bentuk tanda/gambar. Apa yang dikonsumsi akhirnya adalah tanda. Terkait pemberitaan mengenai Asnat Balle, seorang Guru Sekolah Dasar GMIT yang telah mengabdikan diri selama 10 tahun dengan gaji Rp. 50.00/bulan, tanpa disadari kita (saya dan saudara/i anggota group BiinmaffoNews@Yahoo.com / timornews@yahoogroups.com) dibiasakan manja dengan berada dibawah perlindungan tanda. Tanda yang menjadi bentuk penyangkalan kita terhadap yang real. Lalu tanda tersebut kemudian membawa rasa aman. Kita tidak lagi dituntut untuk bereaksi, kita tidak diminta untuk menunjukkan tanggungjawab kita. Kita bisa terharu, sedih atau sakit menghadapi suatu musibah yang ditayangkan tanpa harus selalu diikuti suatu bentuk konkret, bela rasa atau pertanggungjawaban. Saya salut dengan saudara kita Sigianus Giran Bere (Giran Bere) Kontributor Kompas.com yang pada beberapa waktu lalu mengangkat realita kehidupan seorang tua penjaja buah saboak di Kefamnanu. http://regional.kompas.com/read/2012/10/30/17315962/Kakek.Ini.Jual.Saboak.demi.Sekilogram.Beras Emmanuel Levinas, dalam Filsafat Wajahnya (Mata Kuliah Pilihan: Felix Baghi., Drs.Lic) menjelaskan bahwa wajah menyapa dan mengundang simpati, bela rasa, kekaguman. Ia mengusik perhatian dan permenungan. Wajah tidak membiarkan orang bisa lepas bebas tanpa bereaksi. Orang ditatapkan pada penampakan yang mengusik sehingga harus bersikap. Ketika melakukan “investigasi” seorang Giran Bere pasti merasa tersentuh ketika melihat wajah. Wajah seorang tua renta yang saban hari mengelilingi KOTA SARI (yang tidak pernah sari) menjajakan buah saboak untuk membiayai hidupnya yang sebatang kara. Realita kehidupan penjaja saboak dan penampakan wajah tua renta mengusik tanggungjawabnya. Namun Giran sadar bahwa komunikasi masa sangat riskan menghambat orang untuk berbela rasa. Pola yang dominan dalam komunikasi masa ialah ingin membatasi, menguasai atau mendefenisikan obyek. Oleh karena itu Giran tidak membatasi komunikasi pembacanya hanya pada aktus menikmati tanda. Tetapi mengajak para pembacanya untuk memahami penderitaan pria tua renta dengan membangun kedekatan. (Lihat beritanya di sini: http://regional.kompas.com/read/2012/11/22/15523834/Kakek.Jual.Saboak.Orang.Jakarta.Baik-baik.Ya.) Kembali ke Asnat Bell. Tanda dan gambar sebenarnya memberi jeda waktu kepada kita. Dengan cara ini kita masih memiliki kesempatan untuk memilih prioritas atau menghindari. Memilih untuk mengaktuskan “penampakan wajah”-nya Emanuel Levinas seperti yang dilakukan saudara kita Giran.?? atau hanya terdorong untuk mengonsumsi tanda yang hanya merupakan representasi yang real dan antisipasi kenikmatan-nya Jean Baudrillard…??
 

Baku Fight

 

Generasi Trial

 

SAN ANTONIO BAND FESTIVAL KEFAMENANU

 

Bagian-bagian PhotoShop CS5

Cara mudah menguasai software grafis Adobe Photoshop salah satunya adalah dengan mengenal setiap tool yang ada pada jendela Adobe Photoshop sebagai langkah awal untuk mempermudah langkah kita selanjutnya. Mengenal bukan berarti kita harus menghafal satu persatu karena metode belajar dengan hafalan akan membuat kita kehilangan kreatifitas dalam menciptakan sebuah karya seni grafis tetapi penekanan lebih pada istilah “mengerti”.

Berikut adalah screenshot macam-macam tool yang ada pada Adobe Photoshop CS5 yang telah terbagi menjadi beberapa bagian :
Beberapa istilah dalam bagian tool Photoshop sesuai dengan pembagian kotak screenshot adalah :

    Selection tools
    Crop and slice tools
    Measuring tools
    Retouching tools
    Painting tools
    Drawing tools
    Navigation and 3d tools
    Foreground and background color tools
    Mask mode tools

Selanjutnya di dalam tool masih terdapat tool yang lain yang memiliki fungsi berbeda namun masih dalam konteks yang sama yang mana dapat kita lihat dan kita aktifkan sesuai keperluan dengan cara melakukan klik kanan pada tool yang sedang aktif pada jendela Adobe Photoshop.

Keterangan masing-masing Tool yang ada pada Adobe Photoshop CS yang terbagi menjadi beberapa bagian adalah sebagai berikut :

1. Selection Tools
  • Rectangular Marquee Tool, digunakan untuk membuat area selection berbentuk segi empat pada image.
  • Elliptical Marquee Tool, digunakan untuk membuat area selection berbentuk elips atau lingkaran pada image. 
  • Single Row Marquee Tool, digunakan untuk membuat area selection satu baris pada image (ukuran tinggi selection adalah 1 pixel) 
  • Single Column Marquee Tool, digunakan untuk membuat area selection satu kolom pada image (ukuran lebar selection adalah 1 pixel) 
  • Move Tool, digunakan untuk menggeser/memindah selection, layers, dan guides. 
  • Lasso Tool, digunakan untuk membuat area selection dengan bentuk bebas. 
  • Polygonal Lasso Tool, digunakan untuk membuat area selection berbentuk poligon. 
  • Magnetic Lasso Tool, digunakan untuk membuat area selection dengan cara menempelkan tepi selection pada area tertentu pada image.
2. Crop and Slice Tools
  • Crop Tool, digunakan untuk memangkas image (memotong dan membuang area tertentu dari image)
  • Slice Tool, digunakan untuk membuat potongan-potongan image dari suatu image. 
  • Slice Select Tool, digunakan untuk memilih potongan pada suatu image.

3. Measuring Tools
  • Eyedropper Tool, digunakan untuk mengambil sample warna pada image untuk warna foreground.
4. Retouching Tools
  • Patch Tool, digunakan untuk mengecat/melukis pada area tertentu image dengan pola (pattern) atau sample tertentu. Cocok untuk memberbaiki image yang rusak.
  • Healing Brush Tool, digunakan untuk mengecat/melukis image dengan pola atau sample tertentu. Cocok untuk memperbaiki image yang agak rusak. 
  • Color Replacement Tool, digunakan untuk mengecat/mewarnai image dengan pola warna tertentu. 
  • Clone Stamp Tool, digunakan untuk melukis image dengan sample image tertentu. 
  • Pattern Stamp Tool, digunakan untuk melukis image dengan menggunakan pola tertentu.
  • Eraser Tool, digunakan untuk menghapus pixel image dan mengembalikannya ke state tertentu.
  • Background Eraser Tool, digunakan untuk menghapus area tertentu image menjadi transparan.
  • Magic Eraser Tool, digunakan untuk menghapus area tertentu image yang memiliki warna yang serupa menjadi transparan dengan satu kali klik. 
  • Blur Tool, digunakan untuk menghaluskan/mengaburkan area tertentu pada image. 
  • Sharpen Tool, digunakan untuk menajamkan area tertentu pada image. 
  • Smudge Tool, digunakan untuk menggosok/mencoreng area tertentu pada image. 
  • Dodge Tool, digunakan untuk menerangkan warna di area tertentu pada image. 
  • Burn Tool, digunakan untuk menggelapkan warna di area tertentu pada image. 
  • Sponge Tool, digunakan untuk mengubah saturation di area tertentu pada image.
5. Painting Tools
  •  Brush Tool, digunakan untuk melukis image dengan goresan kuas.
  • Pencil Tool, digunakan untuk melukis image dengan goresan pencil. 
  • History Brush Tool, digunakan untuk melukis image menggunakan snapshot atau state history dari image 2. 
  • Art History Tool, digunakan untuk melukis image menggunakan snapshot atau state history dari image dengan model artistik tertentu. 
  • Paint Bucket Tool,digunakan untuk mengecat area yang dipilih dengan warna foreground atau pola tertentu. 
  • Gradient Tool, digunakan untuk mengecat area yang dipilih (selected area) dengan perpaduan banyak warna.
6. Drawing and Type Tools
  • Pen Tool, digunakan untuk membuat path dengan lengkung-lengkung yang halus.
  • Freeform Pen Tool, digunakan untuk membuat path berbentuk bebas. 
  • Add Anchor Point Tool, digunakan untuk menambah anchor point pada path. 
  • Delete Anchor Point Tool, digunakan untuk menghapus anchor point tertentu pada path.
  • Convert Point Tool, digunakan untuk mengubah anchor dan direction point tertentu pada path.
  • Path Selection Tool, digunakan untuk melakukan selection path. 
  • Direct Selection Tool, digunakan untuk mengubah anchor dan direction point dari path.
  • Horizontal Type Tool, digunakan untuk membuat tulisan secara horizontal. 
  • Vertical Type Tool, digunakan untuk membuat tulisan secara vertikal. 
  • Horizontal Type Mask Tool, digunakan untuk membuat selection berbentuk tulisan secara horizontal. 
  • Vertical Type Mask Tool, digunakan untuk membuat selection berbentuk tulisan secara vertikal.
  • Rectangle Tool, digunakan untuk menggambar bentuk segi empat. 
  • Rounded Rectangle Tool, digunakan untuk menggambar segi empat melengkung. 
  • Ellipse Tool, digunakan untuk menggambar ellipse. 
  • Polygon Tool, digunakan untuk menggambar polygon. 
  • Line Tool, digunakan untuk menggambar garis lurus. 
  • Custom Shape Tool, digunakan untuk menggambar bentuk tertentu dari daftar bentuk yang dapat dipilih pada option bar.
7. Navigation Tools

  • Hand Tool, digunakan untuk menggeser/memindah bidang pandang image di dalam kanvas.
  • Zoom Tool, digunakan untuk memperbesar atau memperkecil tampilan image.
8. Foreground and Background Color Tools

  • Forground and Background Color Tools, digunakan untuk menentukan warna (custom) dalam mendesain.
9. Mask Mode Tools
  • Mask Mode Tool, digunakan saat bekerja menggunakan layer mask.


 

Membuat Lagu untuk Pemula dengan Software Fruityloops



    "Hobby musik? Mau jadi musisi? Mau bisa bikin lagu seperti artis-artis idola kita? Apakah Anda seorang anak band yang hanya memainkan lagu orang lain? Duit habis untuk rekaman demo di studio? Apakah Anda musisi profesional yang belum mengerti pengoperasian software musik untuk membuat karya-karya Anda berwujud? Jika semua jawabannya “ya” sudah tepat Anda berada di sini.”

Kali ini kami ingin sharing tutorial membuat lagu menggunakan software musik (DAW) Fruityloops. Bagi yang masih bingung apa itu Fruityloops bisa baca artikel Fruityloops Studio – Produksi Lagu Menjadi Lebih Mudah.

Pembahasan tutorial akan dilakukan dengan metode praktek langsung menggunakan software Fruityloops. Saya akan menggunakan audio dan image sebagai alat bantu yang berguna untuk mendukung proses pemahaman.

Tutorial ini ditujukan untuk siapapun yang ingin bisa membuat lagu menggunakan software musik. Para pemula di musik jangan khawatir, Anda juga bisa ikut belajar. Itulah sebabnya tutorial akan dijelaskan dengan bahasa sederhana yang akan mudah dimengerti bagi para pemula sekalipun.

Mengingat luasnya cakupan tutorial maka saya akan membagi tutorial menjadi beberapa bagian dan akan ditampilkan secara bertahap. Berikut ini materi yang akan saya berikan:

Basic Tutorial

PART 1   
Membuat Beat Drum Menggunakan Fruityloops

Pembuatan Drum diletakkan pada tutorial pertama karena drum merupakan salah satu komponen penting dalam sebuah lagu, selain itu mempelajari penerapan drum menggunakan Fruityloops bisa membantu kita untuk mengerti basic dari Fruityloops yang dapat berguna untuk materi selanjutnya.

PART 2   
Pembuatan Nada Menggunakan VST Plugin

Virtual Studio Technology (VST) Plugin adalah software tambahan yang digunakan di dalam software musik. Plugin tambahan ini berfungsi sebagai Virtual Instrumen yang dapat menghasilkan suara menyerupai alat musik aslinya. Selain menyerupai berbagai alat musik VST juga digunakan para produser musik dan musisi untuk menciptakan suara-suara dalam lagu jenis elektronik, hip-hop dll.

Dalam tutorial sesi ini kita akan belajar menggunakan VST Plugin yang tersedia dalam Fruityloops, untuk memilih berbagai instrumen dan cara membuat nada dengan instrumen tersebut.

PART 3   
Memberi Efek Pada Instrumen

Sebuah lagu akan terasa hambar jika tidak dibalut dengan efek-efek yang akan membuat lagu kita terdengar lebih indah dan hidup. Dalam Tutorial ini kita akan belajar memberikan efek pada setiap instrumen yang telah kita buat.

PART 4   
Recording Menggunakan Fruityloops

Software Fruityloops juga bisa digunakan untuk merekam berbagai instrumen seperti gitar, bass, piano dan vocal. Mempelajari tutorial ini akan berguna bagi kita yang ingin merekam permainan live kita sendiri.


Itulah beberapa part yang akan dibahas dalam tutorial ini. Selanjutnya untuk dapat mengikuti tutorial dengan baik ada beberapa yang harus kita persiapkan. Di bawah ini adalah list apa saja yang harus dipersiapkan:

1. Komputer desktop/laptop
  • 2Ghz AMD or Intel Pentium 3 compatible CPU with full SSE1 support
  • 1Gb RAM or more recommended
  • 1Gb free harddisk space
  • Windows-compatible soundcard with DirectSound drivers. ASIO drivers are required for audio recording (FL installer comes with generic Asio4All drivers)More Info
More Info
Pada dasarnya software pembuat musik memerlukan performa komputer yang tinggi, tapi untuk mengikuti tutorial dasar ini menurut saya belum memerlukan komputer berperforma tinggi tersebut. Menggunakan laptop pun tidak menjadi masalah.

2. OS Windows 7

    Untuk kemudahan mengikuti tutorial ini disarankan menggunakan OS windows 7, namun jika tidak memungkinkan Anda bisa menggunakan OS lainnya.

3. Stereo Speaker
Mendengar lagu pada speaker biasa seperti loudspeaker handphone tentunya kita tidak bisa mendengar lagu secara utuh (suara bass, detail instrumen tak terdengar). Hal ini disebabkan range frekuensi pada speaker handphone sangat terbatas. Berbeda dengan speaker dengan subwoofer, speaker jenis ini memiliki frekusensi yang luas, artinya kita dapat mendengar suara lagu lebih detail. Disarankan Anda menggunakan speaker komputer yang memiliki subwoofer.

4. Software Fruityloops
Diutamakan versi terbaru yaitu FL Studio 10 dan bisa download di artikel Fruityloops Studio – Produksi Lagu Menjadi Lebih Mudah

5. Kabel Jack 1/4 dan Jack 1/8 (3.5mm) mono dan Microphone (Untuk recording)
Kabel jack dan microphone hanya diperlukan untuk recording. Dan akan dijelaskan secara detail pada tutorial recording.


Setelah membaca semua tetek bengek tulisan-tulisan di atas tentunya Anda ingin tahu apa saja manfaat yang akan didapat setelah berhasil mengikuti tutorial ini.

1. Diharapkan kita dapat membuat lagu secara utuh dengan mengikuti rangkaian tutorial ini.

2. Kita akan mengerti bagaimana mengoperasikan software musik (DAW) khususnya Fruityloops. Pengertian ini akan mempermudah kita untuk menggunakan DAW merk lain seperti Cubase, Pro Tools, Ableton dll.

3. Jika kita punya Grup Band, kita tidak perlu repot-repot mengeluarkan kocek untuk rekaman membuat demo lagu ke studio.

4. Jika kita dapat menguasai tutorial ini kita akan mendapatkan skill tambahan yang bisa menjadi alternatif profesi anda di masa mendatang. Sebagai musisi, sound engineer, music composser atau arranger.

5. Kita sering sekali mengeluh dengan kondisi musik di Indonesia saat ini, melayu? Boyband? Girlband? Cinta melulu? Yak, dari pada mengeluh lebih baik kita membuat lagu sendiri yang siapa tau dapat membawa perubahan pada Industri musik Indonesia. Hehehe… Amin…

 

Instalasi Software Musik Fruityloops

Pada dasarnya proses instalasi Software (DAW) Fruityloops  tidaklah rumit dan tidak terlalu berbeda  dengan instalasi software-software pada umumnya. Namun ada beberapa poin yang perlu diperhatikan dalam instalasi software berjenis musik.

Kali ini saya akan share panduan instalasi Fruityloops 10 lengkap dengan penjelasan poin-poin penting yang perlu diketahui.
mari kita mulai proses instalnya berikut ini:

1. Silahkan klik installer yang telah kita download yang bernama flstudio_10.0.9
2. Setelah itu akan muncul seperti gambar di bawah ini
Pilih ‘Next’

Notes: (Jika setelah anda klik installer flstudio_10.0.9c muncul notifikasi dari USER ACCOUNT CONTROL silahkan pilih ‘yes’, ini tergantung dari setting komputer kita)

3.
Pilih ‘I Agree’

4. Bagian ini memberikan opsi di user account yang mana kita akan menginstal jika komputer menggunakan beberapa user account. Jika kita pilih ‘Current user only’ aktifitas yang kita lakukan menggunakan FL Studio tidak akan muncul di user lainnya.
Saran saya pilih ‘All users’ dan klik ‘Next’.




5. Pada bagian ini kita akan diberikan pilihan tentang komponen apa saja yang hendak diinstal.
Saran saya pilih opsi sesuai gambar di atas lalu klik ‘Next’.

6. Tentukan letak folder di mana kita akan instal FL Studio.
Klik ‘Next’ jika sudah menentukan letak foldernya.

7. Kali ini tentukan folder VST Plugin. Folder ini berguna untuk menyimpan file berekstensi ‘.dll’ yang dibutuhkan untuk menjalankan VST plugin yang kita instal secara terpisah. Bingung? Lebih jelasnya tunggu posting berikutnya.
Setelah selesai klik ‘Next’.

8.
Perhatikan direktori folder yang kita tentunkan sebelumnya. Apakah sudah sesuai, jika belum silahkan klik ‘Back’. Jika semua sudah sesuai klik ‘Install’.

9. Silahkan tunggu proses Instalasi yang akan berlangsung kurang lebih 4 menit.

10. Setelah proses instalasi selesai akan langsung muncul Setup Wizard Asio4All jika sebelumnya kita memberi centang pilihan Asio4All (langkah 5). Bagi yang tidak mencentang Asio4All bisa langsung loncat ke langkah 15.

11. Beri tanda centang pada ‘I accept the terms in the License Agreement’.
Tekan ‘Next’.



12. Terdapat beberapa opsi yang dapat kita pilih.
ReWuschel        : Berguna untuk fitur Rewire pada software musik
Off-Line Settings : Untuk menampilkan option pada start menu

Saran saya biarkan pilihan apa adanya sperti pada gambar dan ‘Next’.

13. Seperti biasa, tentukan direktori folder Asio4All yang diinginkan.
Dan klik ‘Install’.

Pilih ‘Finish’ setelah instalasi selesai.

14. Kita kembali melanjutkan rangkaian instalasi FL sebelumnya (langkah 1-9). Jika hilang seharusnya ada di taskbar yang ter-minimize saat proses instalasi Asio4All. Klik beberapa ‘Next’ hingga kita menemukan pilihan ‘Finish’.

15. Selamat, instalasi telah selesai dan Fruityloops Studio siap dipakai. Saat pertama kali kita menjalankan, FL akan otomatis membuka projek demo. Silahkan coba tekan “play” pada panel di atas untuk mendengarkan sejenak lagu tersebut dan sedikit membiasakan diri dengan tampilan FL Studio.




 
 

Tips Meningkatkan Performa Komputer/Laptop Untuk Fruity loops

Saat bermain-main menggunakan Software Studio Fruityloops sering kali kita mendengar lagu terputus-putus dan berbunyi “kretek-krek”, hal ini disebabkan tingginya kinerja komputer saat menjalankan projek lagu yang “berat”.

Kenapa bisa berat? Beratnya kinerja prosesor komputer dikarenakan projek lagu yang kita jalankan memiliki banyak instrumen plugin, efek dan audio clip. Bisa diibaratkan seperti smartphone yang kita gunakan, semakin banyak aplikasi terinstal akan semakin membuat lemot smartphone itu.

Contoh yang saya alami saat pertama kali menjalankan projek lagu demo (Fall Silently by Toby Emerson) yang muncul saat pertama kali menginstall FL Studio 10. Saat itu saya menggunakan laptop seadanya dan saat saya play pada bagian-bagian tertentu lagu terputus-putus. Saat saya melihat Panel bagian CPU Bar terlihat overload dan grafik berwarna merah.
Jika hal ini terjadi pada Anda, saya ingin berbagi tips untuk mengatasi masalah ini.

Tips:
  • Masuk ke Power Options pada windows Anda (OS Windows 7)

Control Panel > Power Options
Terdapat 3 opsi yaitu Balance, Power saver dan High Performance (Biasanya opsi power plan lebih dari 3 jika Anda menginstal aplikasi power plan untuk game), Silahkan Pilih High performance. Perlu diingat jika menggunakan laptop disarankan selalu gunakan charger/adaptor untuk mendapatkan performa terbaik.

  •    Setelah mengatur power options masuk ke FL Studio. Pada menu bar di pojok kiri atas pilih

    Options > audio settings

Klik “Primary Sound Driver” setelah itu akan muncul drop down menu, pilih “ASIO4ALL v2”.
Tutup audio settings.

Silahkan coba jalankan projek-projek FL Studio yang berat. Sekarang sudah cukup lumayan ringan bukan?
 

Fruityloops Studio – Produksi Lagu Menjadi Lebih Mudah

Saat ini siapa yang tidak suka musik, musik sudah menjadi salah satu bagian dari hidup. Di manapun kita berada musik selalu menemani, di jalan, di rumah bahkan di tempat kita melakukan aktifitas rutin seperti di kantor hingga sekolah.

Perkembangan musik yang begitu pesat tak lepas dari perkembangan teknologi yang membuat musik dapat begitu mudah dibuat. Dengan bantuan software musik para musisi dapat dengan mudah dan cepat mencurahkan kereatifitasnya. Hanya dalam hitungan jam sebuah lagu dapat tercipta secara utuh dan siap dinikmati oleh para penikmat musik.

Para pengembang software berlomba-lomba menciptakan software musik yang selanjutnya akan disebiut Digital Audio Workstation (DAW) untuk mendukung kebutuhan para musisi agar dapat selalu berkarya secara cepat dengan kualitas yang baik.

Beberapa merek DAW terkemuka seperti Pro Tools, Cubase, Ableton, Reason dan lain-lain terbukti ampuh menyokong kreatifitas para musisi. Selain itu, para musik komposer pun juga menggantungkan profesi mereka pada DAW ini untuk kebutuhan musik lainnya seperti memproduksi musik dalam iklan dan film.

Selain merek DAW yang sudah disebutkan, salah satu merek yang cukup populer untuk membuat lagu adalah Fruityloops Studio (FL Studio). FL Studio ikut meramaikan industri musik sejak tahun 1998. DAW yang dibuat oleh perusahaan asal Belgia ini telah memberikan gebrakan baru dibandingkan dengan para pesaingnya.

Dengan tampilan yang user friendly dan fleksibilitas yang tinggi menjadi keunggulan utama FL Studio. Salah satu produser musik elektro/DJ terkenal Joel Thomas Zimmerman (Deadmau5) mengatakan, “I use Fruity Loops ’cause it’s really quick for some things”.

FL Studio menampilkan user interface yang tidak membingungkan seperti browser plugin yang mudah dijangkau, tampilan mixer yang simple dan informatif ditambah fitur-fitur lain yang tentunya dapat memudahkan pengguna.
Fitur standar software musik tersedia secara lengkap, di antaranya fitur recording/merekam instrumen, instrumen virtual yang menyerupai instrumen aslinya dan plugin-plugin untuk mixing-mastering yang cukup memenuhi standar untuk memproduksi lagu secara profesianal.

FL Studio sering digunakan oleh para musisi hip-hop dan elektronik karena musisi aliran ini banyak menggunakan instrumen-instrumen digital. Namun tidak menutup kemungkinan membuat lagu dengan menggunakan live instrument seperti yang diciptakan oleh musisi band.

Beberapa produser terkemuka di dunia seperti Alexander Grant (produser artis dunia seperti Rihanna, Eminem, Dr. Dre, B.o.B) memulai karir musiknya menggunakan FL Studio. Fitur-fitur yang ditawarkan FL Studio membuat software ini mudah untuk dipelajari bagi para pemula di dunia musik sekalipun.

Bosan cuma jadi penikmat musik? Ingin belajar membuat lagu sendiri? Menggunakan FL Studio dapat memberi kemudahan bagi para pemula yang ingin belajar musik dan membuat lagu. Selain itu, band baru dengan dana terbatas untuk membuat demo lagu, keputusan paling bijak adalah produksi demo sendiri. Menggunakan FL Studio bisa jadi langkah awal yang baik untuk belajar membuat demo lagu sendiri.

Bagi yang ingin menekuni profesi sebagai music composer, arranger dan sound engineer dengan belajar secara otodidak tidak ada salahnya mempelajari FL Studio sebagai basic untuk mempermudah pemahaman awal, sebelum akhirnya beranjak ke DAW lainnya yang lebih kompleks.
 

Cara menggunakan adobe premiere pro

Adoba premiere merupakan salah satu software video editing unggulan yang kerap digunakan dalam dunia perfilman. Banyak fitur yang bisa anda gunakan didalamnya, mulai dari fitur sederhana sampai dengan fitur yang lebih profesional yang pastinya bikin bingung orang awam, termasuk saya.. :D

Berikut saya jelaskan cara paling dasar dalam menggunakan adobe premiere....
Disini akan dibahas cara membuat project baru, mengimport, export dan encoding video. Jadi untuk teknik editing dan info-info yang lebih detil akan saya bahas di postingan selanjutnya..

Buka dulu adobe premiere anda.
Software ini tergolong berat, jadi bagi spek komputer yang rendah akan kesulitan menggunakannya.
Klik new project maka akan muncul menu ini. Kasih nama project anda kemudian OK
Selanjutnya akan ada profile atau preset project. Pilih sesuai dengan kategori video yang akan anda edit. Umumnya DV NTSC atau DV PAL dengan resolusi sekitaran 720x480.
Setelah itu anda akan dihadapkan pada workspace kosong beserta timeline editing. Import video anda dengan klik kanan import pada tab project di kiri atas.
Adobe premiere terkadang tidak mendukung format *.mp4 jadi bagi yang videonya berformat MP4 bisa di convert dulu jadi format MPEG atau AVI.

Video yang telah di import akan ditampilkan seperti dibawah ini
Langkah selanjutnya, anda drag video terebut ke area timeline. Di area ini maka video sudah siap diedit. Preview video bisa anda lihat di preview pane pada jendela kanan atas.
Video anda telah siap diedit? kini anda tinggal meng-export kemudian meng-encode video tersebut. Pilih menu export - media seperti gambar berikut

Maka akan muncul export setting dengan beragam preset. Biar tidak pusing, anda pilih saja salah satu preset tersebut. Resolusinya disarankan sama dengan video awal. Kalau anda mengerti, bisa setting sendiri outputnya sesuai yang diinginkan. Setelah itu klik OK
Akan muncul jendela adobe media encoder yang bertugas meng-encode video anda sesuai settingan export tadi.
Project anda akan masuk list antri dengan status waiting. Klik tombol start queue maka proses encoding akan berjalan... :D
Semoga tutorial ini berguna, walau cuma basic.. :D
Terus terang, lebih mudah memakai corel video studio daripada adobe premiere.. Namun untuk soal fitur jelas adobe premiere lebih banyak.
 

BELAJAR ADOBE AUDITION 3.0

Disini saya akan menjelaskan bagaimana cara membuat lagu dengan adobe  audition 3.0. tentunya anda harus memiliki instrument lagunya terlebih dahulu. Anda  bisa download atau membuat instrument sendiri dengan progam vocal remover.
Langkah-langkahmenggunakan adobe audition:     
ini lah tampilan awal adobe audition 3.0.
Pilih file new (akan keluar tampilan seperti gambar di bawah ini) lalu sesuaikan pilihan sample rate dan sebagainya. lalu tekan ok.
Untuk memulai merekan anda tinggal menekan tombol rec

Dan bila anda sudah selesai merekam tekan kembali tombol yang sama


Berikut ini tampilan hasil recording awal.
Setelah itu anda harus memberi effec suara dengan cara:
1. Pilih menu effect lalu pilih normalize setelah itu ketik angka 70 atau sesuai pilihan anda.   
2. Pilih menu graphic equalizer pilih pada combi box effect present keyboard - bright and clear,lalu tekan ok.
3. Pilih studio reverb pilih combo box.
4. Pilih astering pilih pada combo box  effect present make a room for vocal.

Setelah langkah diatas sudah dilakukan,
Buka instrument lagu yang anda nyanyikan tadi, tentukan awal suara masuk lalu pada selection view copy durasinya. Dan pastekan di area recording suara anda. Anda bisa menanbahkan area kosong dengan memilih menu generate lalu pilih silence. Setelah sudah pas maka anda  tinggal mix suara anda dengan instrument anda tadi.

Inilah contoh mix lagu :
Pilih edit mix paste
Akan muncul tampilan sebagai berikut :
Pilih select file dan cari instrument anda lalu atur volume sesuai dengan keinginan anda. Lalu klik ok

Maka dengan cara seperti itulah suara anda dan instrument akan digabungkan

Cara terakhir yaitu mastering lagu anda agar suara tampak lebih halus.
Pilih effect menu mastering   pilih pada effect preset dan pilih default. Lalu tekan ok.
 

Pedrosa Menang, Marquez Permalukan Lorenzo di Tikungan Lorenzo

Dani Pedrosa memang punya tekad besar untuk meraih kemenangan di MotoGP Jerez, Spanyol yang berlangsung Minggu (5/5) hari ini. Apalagi setelah ia mendapat kritikan pedas dari seorang legenda GP 500 cc yaitu Kevin Schwantz yang mengatakan ia tak kompetitif dan tak bisa kemenangan lagi. Tapi hasil MotoGP Jerez hari ini sekaligus menjadi pembuktian terbesarnya.

Pembalap berbadan mungil itu meraih kemenangan pertamanya setelah sepanjang pekan tak mampu meraih waktu tercepat di sesi latihan dan kualifikasi. Tapi ketika balapan berlangsung, ia malah tampil diluar prediksi semua orang. Setelah mengawali balapan dengan start bagus dan menyusul Lorenzo beberapa lap kemudian, ia menjauh dan semakin tak terjangkau.

Hingga ia pun berhasil memenangi balapan dengan selisih yang cukup besar dari pembalap yang finish di urutan kedua. “Senang rasanya kembali berada di podium utama setelah melalui balapan yang bersih. Hari ini motor terasa sangat sempurna, tim bekerja dengan sangat baik membuat performa motor jadi sempurna. Terimakasih pada tim dan juga mamaku yang hari ini memberikan support terbesarnya,” girang Pedrosa.

Pertarungan yang justru terlihat sangat seru adalah perebutan posisi finish di urutan kedua. Dimana Marc Marquez berhasil mempecundangi Jorge Lorenzo di tikungan Jorge Lorenzo (sebelumnya Ducados atau tikungan terakhir di Sirkuit Jerez) pada lap terakhir. Kasusnya hampir serupa dengan Valentino Rossi menyusul Sete Gibernau tahun 2005 silam.

Lorenzo yang menyisakan celah bagi Marquez untuk menyusul di tikungan tersebut pun, merasa tak bisa berbuat apa-apa. Malah ia terlihat sangat kecewa dengan cara Marquez menggiringnya keluar dari jalur balap. Kendati Marquez beberapa kali mengulurkan tangan untuk bersalaman dengan Lorenzo, namun sang juara dunia MotoGP 2012 itu terlihat benci kepada Marquez.

Sementara Rossi yang sempat diprediksi bakal bertarung meraih posisi finish podium, hanya bisa mengamankan posisi finish keempat. (otosport.co.id)

http://otosport.otomotifnet.com/read/2013/05/05/340737/56/17/Pedrosa_Menang__Marquez_Permalukan_Lorenzo_di_Tikungan_Lorenzo
 

Lorenzo Mengaku Salah, Buka Peluang Bagi Marquez

Jorge Lorenzo adalah pembalap yang paling merugi di tikungan terakhir MotoGP Jerez, Spanyol pada Minggu (5/5) kemarin. Bukan hanya karena kehilangan pimpinan klasemen sementara, namun juga tersusul dengan cara yang menyesakkan oleh Marc Marquez. Terlebih lagi kejadian itu berlangsung di tikungan atas nama Jorge Lorenzo yaitu tikungan 13 yang sebelumnya bernama tikungan Ducados.

Kendati sempat bersalaman seusai garis finish dengan Marquez, namun kekesalan Lorenzo memuncak ketika berada di parc ferme. Dimana ia tak mau lagi bersalaman dengan pembalap yang memotong jalurnya di tikungan terakhir Jerez itu. Kejadiannya tersebut bahkan berulang ketika berada di atas podium kemenangan.

“Saya mengira Marquez masih berada jauh di belakang, karena sebelumnya ia melebar. Makanya saya tidak mengambil jalur yang defensif. Ya kemarahan itu datang karena kehilangan posisi finish kedua dan juga pimpinan klasemen. Tapi mau bilang apa lagi, sekarang lebih baik tidak usah dibahas lagi!” geram Lorenzo.

Anggapan Lorenzo tentang posisi Marquez yang akan berada lebih jauh di belakangnya, mungkin masuk akal. Mengingat di lap itu juga, juara dunia Moto2 2012 itu sempat melebar beberapa tikungan sebelumnya. Tapi ternyata ia cepat menyusul dan ternyata cukup potensial untuk menyusul dengan cara seperti itu di tikungan terakhir.

Semoga kejadian ini, membuat Lorenzo lebih defensif lagi dan tidak menganggap enteng pembalap rookie seperti Marc Marquez. (otosport.co.id)
http://otosport.otomotifnet.com/read/2013/05/06/340739/56/17/Lorenzo-Mengaku-Salah-Buka-Peluang-Bagi-Marquez

 

Aksi Marquez Terinspirasi Oleh Rossi

Aksi overtaking yang dilakukan oleh Marc Marquez pada Jorge Lorenzo di tikungan terakhir MotoGP Jerez, Spanyol pada Minggu (5/5) kemarin, memang menuai kontroversi tersendiri. Apalagi dari sisi fans yang sama-sama punya kekuatan tersendiri di Spanyol. Dari sisi Marquez, ia harus melakukan hal itu. Sebab jika tidak melakukannya, mkaa ia akan sangat menyesal ketika memasuki garis finish di urutan ketiga.

Hal yang cukup mengagetkan karena Marquez menegaskan terinspirasi dari aksi yang dilakukan oleh Valentino Rossi pada Sete Gibernau di MotoGP Jerez, Spanyol pada tahun 2005 silam. “Saya ingat aksi yang dilakukan oleh Rossi dan beberapa pembalap lain di masa lalu, makanya saya mencoba untuk melakukan aksi yang sama,” papar Marquez.

“Tapi yang menjadi dasar dari semua aksi itu adalah Lorenzo membuka peluang bagiku untuk melakukannya di tikungan tersebut. Awalnya perkiraan saling bersenggolan dengan keras akan terjadi. Makanya aku menekan tuas rem agar senggolan tidak terlalu kasar. Hal terpenting adalah kami berdua finish dengan baik dan berharap hubungan kami akan membaik dalam beberapa hari ke depan,” ujarnya.

Marquez sendiri mengaku bahwa itu akan sulit bagi siapa pun yang tersusul, tidak terkecuali bagi dirinya. “Saya tentunya akan sangat marah dan kecewa jika seseorang melakukannya padaku di tikungan terakhir. Bukan karena aksi seperti itu, tapi karena kehilangan 1 posisi finish di depan. Apalagi saya lebih muda dari pada Lorenzo. Tapi semua pembalap pasti melakukan yang terbaik, jadi ya ini adalah insiden balapan,” tukasnya.

Hmm, darah muda, semangat muda dan yang paling penting adalah petarung pantang menyerah pemuda asal Spanyol ini, patut diapresiasi. Namun juga tidak harus kebablasan, seperti mengabaikan sisi safety pembalap lain dan dirinya sendiri. (otosport.co.id)

http://otosport.otomotifnet.com/read/2013/05/06/340738/56/17/Aksi-Marquez-Terinspirasi-Oleh-Rossi
 

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
by : BTF

Recent

Firefly Pointer 2

Windows Live Messenger

diooda