DJOVANKA NAZARENO * NEKAF MESE ANSAOF MESE * DJOVANKA NAZARENO * ATOIN METO AWAY FROM VIOLENCE

Gua Maria Bitauni

Wisata Rohani

Terletak ditepi jalan utama trans Timor dari Kupang – Belu sampai Dili (Republic Democratic Timor Leste). Berjarak ± 25 km kearah Timur dari Kefamenanu. Merupakan gua alam tempat ziarah utama bagi masyarakat Katolik di TTU dan sekitarnya bahkan di seluruh Indonesia dan manca Negara.

Gua ini berada di sebuah bukit batu yang dikelilingi oleh pepohonan rindang. Gua ini pada mulanya adalah benteng dan tempat persembunyian bagi suku tertentu ketika masih terjadi perang antar suku di wilayah TTU. Pertama kali ditemukan oleh Pater Petrus Noyen, SVD dan Pater Arnoldus Verstraelen, SVD pada tahun 1913. Patung Bunda Maria yang sekarang ditempatkan oleh Pater J. Smit, SVD.

Gua Maria Bitauni yang masih alami, di situ juga tersedia sarana ibadat . Prosesi via dolorosa ini benar-benar menantang, karena kita diajak  jalan menyusuri lorong berbatu dengan kontur badan jalan yang sangat  menanjak menuju ke bukit tersebut. Namun, jangan buru-buru cemas, karena akses menuju gua maria ini telah ditata rapi dengan batu alami. Untuk masuk ke Gua Maria ini.

Misa Jumat Agung bagi umat Katolik di Kecamatan Insana biasanya di laksanakan diareal gua ini. Pada bulan Mei dan Oktober (Bulan Maria) para peziarah harus sabar dalam antrian untuk berdoa karena padatnya peziarah yang datang.

Drama penyaliban Yesus biasanya dilakukan setiap tahun di tempat ini. Tempat ziarah ini sudah diabadikan melalui sebuah lagu rohani karya almarhum Pater  Piet Verharren, SVD dan almarhum Alo de Rosari yang diberi judul Siti Bitauni.

Penulis : AtoinMeto ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

author
Artikel Gua Maria Bitauni ini dipublish oleh AtoinMeto pada hari Jumat, 03 Mei 2013. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan Gua Maria Bitauni
 

0 komentar:

Posting Komentar


English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
by : BTF

Recent

Firefly Pointer 2

Windows Live Messenger

diooda