DJOVANKA NAZARENO * NEKAF MESE ANSAOF MESE * DJOVANKA NAZARENO * ATOIN METO AWAY FROM VIOLENCE

Kolam Oeluan

Kolam Oeluan

Pepohonan tinggi dan rindang, kesejukan, serta suara nyanyian alam di atara gemercik air seakan mampu mengusir segala kepenatan, memberikan sebuah kenyamanan tersendiri. 
Menurut masyarakat sekitar, dahulu hidup seorang nenek bernama Luan. Di lahan tempat tinggal nenek ini terdapat beberapa sumber mata air. Sumber air ini tidak pernah kering walau pada saat kemarau panjang sekali pun. Masyarakat sekitar dapat memanfaatkan sumber air yang ada di lahan Nenek Luan ini untuk kebutuhan hidup mereka sehari-hari maka dari itulah daerah ini disebut Oeluan. Dalam bahasa bahasa Timor "Oe" berarti air, jadi Oeluan bisa diartikan air dari nenek Luan.
Tempat wisata Oeluan ini berjarak sekitar 20 km dari pusat Kota Kefamenanu, ibu kota Kabupaten Timor Tengah Utara, tepat di sisi jalan trans Kupang-Atambua. Oleh karena itu, tempat wisata ini sangat mudah dicapai.
Tiket masuk kedalam tempat wisata ini Rp3.000,00 per orang. Biaya masuk kendaraan sekaligus biaya parkir untuk sepeda motor Rp3.000,00 mobil pribadi atau angkutan umum kecil Rp20.000,00 sedangkan bus Rp30.000,00.
Tempat ini ramai di kunjungi pada saat hari-hari libur, adapun para pengunjung bukan hanya sebatas masyarakat kefamenanu saja melainkan dari kabupaten lain seperti, atambua, soe dan kupang.
Selain terdapat beberapa sumber mata air yang alirannya membentuk air terjun kecil, terdapat juga kolam renang serta wahana mainan anak-anak. Sayangnya wahana mainan anak-anak sudah tidak terawat, bahkan ada beberapa yang sudah tidak berfungsi. Air kolam renang senagaja tidak dicampur kaporit karena air dari kolam renang tersebut masih dimanfaatkan untuk mengairi area persawahan penduduk yang luasnya sekitar 70 hektar

Penulis : AtoinMeto ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

author
Artikel Kolam Oeluan ini dipublish oleh AtoinMeto pada hari Sabtu, 04 Mei 2013. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan Kolam Oeluan
 

0 komentar:

Posting Komentar


English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
by : BTF

Recent

Firefly Pointer 2

Windows Live Messenger

diooda